Monday 21 April 2008

LOGO KONGRES EKARISTI I KEUSKUPAN AGUNG SEMARANG

image Kongres Ekaristi Keuskupan I Keuskupan Agung Semarang merupakan peristiwa iman seluruh umat Keuskupan Agung Semarang. Searah dengan Arah Dasar Umat Allah Keuskupan Agung Semarang 2006-2010 fokus pastoral tahun 2008 adalah membangun habitus baru bersama: dalam diri anak dan remaja agar terlibat untuk pengembangan umat.


Agar anak dan remaja terlibat dalam pengembangan umat ditampilkan tokoh Kitab Suci, yaitu seorang anak, yang disebut oleh penginjil Yohanes, mempunyai lima roti dan dua ikan. Yesus mengambil roti itu, mengucap syukur dan membagi-bagikannya kepada mereka yang duduk di situ, demikian juga dibuat-Nya dengan ikan-ikan itu, sebanyak yang mereka kehendaki (bdk. Yoh 6: 1-15).


Pada logo digambarkan lima roti. Sebuah roti utuh di tengah melambangkan Yesus Roti Hidup. 4 potongan roti digambar dengan 4 warna: kuning, ungu, hijau, merah. 4 warna menerangkan warna-warna liturgis. Sepanjang tahun liturgi umat merayakan iman dengan santapan Sabda dan Ekaristi.


Dua ikan digambarkan bersatu, untuk melambangkan persatuan Kristus dengan umat-Nya. IKAN dalam bahasa Yunani IKHTHYS, kependekan dari Iesous Khristos Theou Yios Soter, artinya Yesus Kristus Putera Allah Penyelamat. Dengan persatuan dalam komuni kudus setiap murid Kristus diharapkan semakin menyerupai Kristus, dan dengan demikian membangun Gereja sebagai persekutuan umat beriman.


Kongres Ekaristi Keuskupan I Keuskupan Agung Semarang diselenggarakan pada tanggal 27 – 29 Juni 2008 di Gua Maria Kerep Ambarawa, dengan tema “EKARISTI: BERBAGI LIMA ROTI DAN DUA IKAN”. Dengan mendalami tema tersebut seluruh umat diharapkan semakin bergairah untuk terlibat dalam Gerakan Berbagi Lima Roti dan Dua Ikan, baik dengan mengungkapkan iman dalam liturgi Ekaristi maupun dengan mewujudkannya dalam tindakan berbagi.

No comments: